--> < >

Apasih keutamaan bulan rajab yuk disimak

    Apasih keutamaan bulan rajab yuk disimak - Bulan Rajab adalah bulan yang dimana termasuk dari pada 4 bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT sehingga ada baik nya di isi dengan amalan bulan rajab yang menyimpan keutamaan-keutamaan. Sebagaimana disebutkan didalam Qur'an :

    "Sesungguhnya hitungan bulan disisi Allah ada dua belas bulan yang disebutkan dalam kitab Allah dihari Allah menciptakan langit-langit dan bumi, diantara dua belas bulan itu ada empat bulan yang dimuliakan." (QS. At-Taubah : 36)

    Apasih keutamaan bulan rajab yuk disimak

    Empat bulan yang dimaksud yaitu Dzulqoidah, Dzulhijjah, Muharrom. ketiga bulan ini berurutan kecuali bulan Rajab yang disebut dengan "Asyhurul Hurum,". Apakah ada sesuatu di balik itu. Allahualam.

    Nama Yang Disematkan Karena Keutamaan Bulan Rajab

    • Al-Ashom, 
      Bulan Rajab dikenali dengan panggilan Al-Ashom, artinya bulan yang tidak ada terdengar perperangan pada bulan itu dimasanya.
    • Bulan Rajam
      karena di dalamnya Allah sudah merajam musuh-musuhNya dan beberapa syaiton, hingga mereka tidak bisa mengusik beberapa aulia dan solihin.
    • Bulan Ashab
      Bulan Rajab dikenal juga sebagai bulan Asbab, dimana kuncuran karunia bagi hamba-hamba Allah yang bertaubat, serta limpahan sinar cahaya qobul untuk seluruh alam.
    • Bulan Rahmat
      Kata Rajab terbagi dalam 3 huruf, Ra', Jim dan Ba', masing-masing memiliki arti : Rahmatullah, Jirmil abdi dan Birullah Ta'aalaa, 
      "Hai hamba-Ku, Kujadilan dosa-dosa dan kebaikanmu diliput dengan rahmat-Ku, karena itu tidak ada masih tetap dosa-dosamu karena kemulian bulan Rajab". (Majalisul Anwar).

    Hadist dan Firman Allah Tentang Keutamaan Bulan Rajab

    • Disebutkan juga jika sesudah Rajab habis (perhitungan bulannya), karena itu dia naik kelangit lalu Allah Swt. berfirman :
      "Hai bulan-Ku, apa mereka menyukai dan memuliakanmu? Karena itu diamlah Rajab, sampai ditanyakan dua 3x, selanjutnya jawabannya : "Ya Tuhan, Engkaulah yang pintar rahasiakan semua cacad dan cela, dan Kamu juga yang memerintah makhluk-Mu agar merahasiakannya ke orang lain. Tersebut penyebabnya Rasul-Mu menyebutku "pekak", saya semata-mata cuma dengar kebaktian mereka, ketaatan, dan kebaikan mereka, lain tidak".
    • Allah berfirman :
      "Kamu bulan-Ku yang pintar simpan cacad dan pekak, hamba-hambaKu yang ber'aib, Saya terima mereka berikut noda/cacadnya karena kehormatanmu seperti saya terima kamu berikut noda/cacadmu. Saya memaafkan mereka karena menyesali dosa mereka 1x dalam bulan Rajab, dan dalam bulan itu juga, Saya tidak ada menulis kemaksiatan mereka". (Misyakatul Anwar).
    • Nabi Saww. bersabda : 
      "Jika Rajab itu bulan Allah, Sya'ban bulanKu dan Ramadhan ialah Bulan Ummat-Ku".
      Disebutkan dalam kitab Al-Jami' karangan Imam Suyuti. maksud dari hadist diatas adalah, bulan Rajab ialah bulan Istigfar, Sya'ban ialah bulan untuk perbanyak Sholawat ke Rasulullah Saww, dan Ramadhan ialah bulan perbanyak bacaan Al-Qur'an.
    • Sabda Nabi Saww. :
      "Ada 5 malam yang tidak ditampik do'a tiap hamba di dalamnya: Malam pertama bulan Rajab, malam Nishfu Sya'ban (malam tengah atau malam ke-15 bulan Sya'ban), malam Jum'at, malam Hari Raya Idul Fitri dan malam Hari Raya Idul Adha (Qurban)"
    • Nabi Saww. bersabda :
      "Siapa menyongsong kedatangan malam pertama bulan Rajab, dengan aktivitas keagamaan, seperti shalat malam, baca Qur'an, zikir dan sebagainya, karena itu dia berjiwa hidup, sekalinya biasanya manusia mati hatinya, dan Allah meluapkan kebaikan dari (pikiran) bawah kepalanya, dia bersih dari dosa seperti baru lahir dari kandungan ibunya, dan dia dibolehkan mensyafaati 70.000 pakar berdosa yang semestinya dineraka". (Begitu diambil dari kitab Lubil Al-Albab kreasi Maulana Tajul 'Arifin/A'rajiyah)
    • Dari Anas bin Malik ra. Nabi Saww. bersabda :
      "Siapa sholat sunnah pada malam bulan Rajab setelah sholat maghrib, tiap roka'at ba'da fatihah membaca surat Al-Ikhlas (begitu sampai 20 roka'at dibuat 10 x salam), karena itu dia dipiara dianya, keluarga dan mereka sebagai tanggung jawabannya dari mala bencana dunia dan siksa akhirat". (Zubdah)
    • Disebut dalam kita Al-Jami' kreasi Imam Suyuti, diriwayatkan dari Ibnu Asakir dari Abi Umamah ra., Berbicara Wahab bin Munabbih ra.:
      "Saya membaca dalam kitab Allah yang di turunkan saat sebelum Al-Qur'an tertulis, jika siapa saja yang beristighfar dibulan Rajab pada pagi dan sore hari dengan mengusung ke-2 tangannya sambil berbicara : "Robbighfirlii Warhamnii Watub Alayya 70x, karena itu kulitnya tidak akn disentuh oleh api neraka". (Dirangkum dari kitab Tuhfatul Ikhwan)
    • Nabi Saww. bersabda :
      "Camkanlah, sesungguhnya Rajab ialah bulan Allah yang pekak, siapa saja puasa sehari di bulan itu, penuh kepercayaan dan keikhlasan, karena itu bisa ditegaskan keridhoan Allah yang besar kepadanya, dan siapa puasa dua hari, karena itu semua warga langit dan bumi tidak mampu mensifati besarnya anugerah Allah yang diberikn padanya, dan siapakah yang puasa tiga hari, karena itu dia ditolong dari musibah di dunia dan siksa diakhirat, terlepas dari penyakit edan, kusta dan semacamnya dan dari teror Dajjal, siapakah yang puasa 7 hari, karena itu tertutuplah untuknya 7 pintu neraka jahanam, siapakah yang puasa 8 hari karena itu terbuka untuknya 8 pintu sorga, siapakah yang puasa 10 hari, karena itu semua permintaannya diwujudkan oleh Allah Swt. dan siapa puasa 1/2 bulan, karena itu diampuni dosa-dosa yang sebelumnya, dan amal jahatnya ditukar dengan amal bagusnya dan siapa menambahkan puasanya karena itu Allah menambahkan pahalanya". (Zubdah)
    • Hadist, Ibnu Abbas ra. berkata:
      "Puasa pada awal bulan Rajab bisa hapus dosa (kafarat) sepanjang tiga tahun, dihari ke-2 jadi kafarat sepanjang dua tahun, dihari ke-3 jadi kafarat sepanjang satu tahun, selanjutnya di tiap hari setelah itu jadi kafarat sepanjang 1 bulan". (HR. Abu Muhammad Al-Khalali, Termuat dalam kitab Jami'Ush-Shaghir)
    • Hadist, Abu Hurairah ra. berkata:
      "Sesungguhnya Nabi Saww. di luar bulan Ramadhan tidak puasa terkecuali bulan Rajab dan bulan Sya'ban".
    • Dalam Hadis Shahih Bukhori Muslim, Nabi Saww. bersabda :
      "Sesungguhnya di sorga ada sebuah sungai Rajab, airnya putih melewati susu, manis melewati madu, siapa puasa satu hari dibulan Rajab, tentu Allah memberikannya minum dari sungai (Bengawan) itu". (A'rajiyah)

    Amalan bulan rajab

    Pada bulan rajab perbanyaklah amalan soleh dengan cara berzikir dan berdoa berpuasa serta amalan soleh lainnya.

    Berdzikr dan berdoa

    Amalan dzikr dan doa yang bagus dibaca pada bulan rajab
    • رَبِّ غْفِرْلِى وَارْحَمْنِى وَتُبْ عَلَيَّ
      ROBBIGhFIRLII WARHAMNII WATUB 'ALAYYA 70x, bacalah dengan cara mengangkat kedua tangan Mu seperti sedang berdoa waktunya, sehabis Subuh dan Maghrib selama bulan Rajab
    • سُبْحَانَ اللهُ الحَيُّ الْقَيُّوْمُ
      SUBHAANALLAAHIL HAYYIL-QOYYUUM 100x, bacalah  amalan ini dari tanggal 1-10 Rajab, waktunya bebas.
    • سُبْحَانَ اللهِ الاَحَدِ الصَّمَدْ
      SUBHAANALLAAHIL AHADISh-ShOMAD 100x,bacalah amalan ini dari tanggal 11-20 Rajab, waktunya bebas.
    • سُبْحَانَ اللهُ الرَّؤُوْفُ
      SUBHAANALLAAHIR-ROUFIR-RAHIIM 100x, bacalah amalan ini dari tanggal 21-30 Rajab, waktunya bebas.
    • احمد رسول الله محمد رسول الله
      AHMADU RASUULULLAH MUHAMMADUR RASUULULLAH 35X, bacalah amalan ini disaat khutbah Jum’at diakhir bulan Rajab.
    • Membaca LAA ILAAHA ILLALLAAH 1000x bacalah amalan ini setiap hari di bulan Rajab, waktunya bebas. Diriwayatkan,
      ﻋَﻦِ ﺍﻟﻨَّﺒِﻲِّ ( ﺻﻠﻰ ﺍﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺁﻟﻪ ﻭﺳﻠﻢ) ﺍَﻧَّﻪُ ﻗَﺎﻝَ :ﻣَﻦْ ﻗَﺎﻝَﻓِﻲ ﺭَﺟَﺐَ (ﻻ ﺍﻟﻪ ﺍﻻ ﺍﻟﻠﻪ) ﺍَﻟْﻒُ ﻣَﺮَّﺓٍ
      ﻛَﺘَﺐَ ﺍﻟﻠﻪ ﻟَﻪُ ﻣِﺎﺋَﺔُ ﺍَﻟْﻒٍﺣَﺴَﻨَﺔٍ ﻭَﺑُﻨِﻲَ ﺍﻟﻠﻪ ﻟَﻪُ ﻣِﺎﺋَﺔُ ﻣَﺪِﻳْﻨَﺔٍ ﻓﻲ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔِ
      Artinya :Dari Nabi SAW sesungguhnya ia bersabda : Barangsiapa yang membaca dibulan Rajab LAA ILAAHA ILLALLAH seribu kali maka niscaya Allah mencatat baginya seribu kebaikan dan membangun seribu kota di dalam surga.

    Melakukan Amalan Berpuasa Di Bulan Rajab

    • Niyat puasa selama dibulan rajab : 
      نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ لِحُرْمَةِ شَهْرِ رَجَبَ سُنّةً للهِ تَعَالى
      NAWAITU ShOUMAGODIN LIHURMATI SyAHRI RAJABA SUNNATAN LILLAAHI TA'ALA.
      Artinya : "Aku Niat Puasa esok hari karena menghormati bulan Rajab Sunnat Karena Allah Ta'ala".
    • Berdoa setelah melakukan amalan berpuasa di bulan rajab
       اللهم بارك لنا في رجب وشعبان وبلغنا رمضان
      ALLAAHUMMA BAARIK LANAA FII RAJABA WA SYA’BAANA WA BALLIGNAA ROMADHOONA.
      Artinya : Ya Allah berkahilah kami di dalam bulan Rajab dan bulan Sya’ban dan sampaikanlah kami ke bulan Ramadhon.
    • Dalam suatu riwayat disebutkan: Barangsiapa yang tidak mampu berpuasa, maka hendaknya membaca tasbih 100 kali setiap hari, agar memperoleh pahala puasa di dalamnya. Tasbihnya sebagai berikut:
      سبحَان الاله الجليل، سبحان من لا ينبغي التَّسبيح إلاّ له، سبحان اْلأعزِّ الاكرم، سبحان من لبس العزَّ وهو له اَهلٌ
      SUBHAANAL ILAAHIL JALIIL, SUBHAANA MAN LAA YANBAGhIT TASBIIHU ILLAA LAHU, SUBHAANAL A’AZZIL AKROM, SUBHAANA MAN LABISAL ‘IZZA WA HUWA LAHU AHLUN.
      Artinya: Mahasuci Tuhan Yang Maha Agung, Mahasuci yang tak layak ditasbih kecuali Dia, Mahasuci Yang Maha Agung dan Maha Mulia, Mahasuci Yang Memakai pakaian keagungan dan hanya Dia yang layak memilikinya.

    Walaupun sebagian besar hadist yang menerangkan mengenai amalan bulan rajab bersifat lemah atau dhoif akan tetapi didalam mazhab Syafi'i boleh di jalankan dalam beramal soleh. Wallahu a’lam bishowab.

    Itulah tadi kutamaan bula rajab serta amalan bulan rajab yang bisa menambah pengetahuan kita mengenai Keislaman khusus nya, semoga menambah iman dan taqwa kita kepada Allah, Aamiin
    LihatTutupKomentar